Secangkir Inspirasi

Bismillah ..... 
 Assalamu'alaykum wr.wb :-)

Saya ingin berbagi cerita disini, melalui blog ini. Tentang beberapa kejadian yang saya alami dan ini nyata bukan sekedar teori. Tentang hidup dan mati, dunia saya dunia penuh resiko, yang kadang dipandang sebelah mata oleh orang lain. Yaa... dunia Kesehatan --> Bidan :-)
 
"Kenapa ketika itu saya memilih untuk menjadi Bidan?". Itu pertanyaan awal yang selalu terlontar oleh sebagian orang pada saya. Jawabannya simple 'penasaran' just it. Tapi penjelasannya yang puanjang ... hehhee..
 
Semua berawal dari rasa penasaran saya tentang diri saya sendiri, saya terlahir prematur belum ada usia kehamilan 7 bulan (wong kata ibu saya tu brojol duluan sebelum 'dipitoni'). Dengan kondisi yang memprihatinkan, hanya mempunyai berat 1200 gram, kalau kata tetangga saya dulu lahir sebotol kecap :-D.
Selama 3 bulan lamanya saya di dalam inkubator, bayangkan kotak yg sempit, panas, kalau ada sistem yang lagi eror, tu kotak langsung bunyi tuttt ttuuuutt tuuuttt., tuling tuling, kalau listrik mati dia bunyi lagi.. ooh, sungguh menjenuhkan :-(.

Parahnya lagi setelah udah baikan, otomatis dipindah kan di box bayi biasa, bayi di samping saya itu minum susu formula, eeee nyiprat ke jidat. Yaudah deh, saya yang jadi korban kebrutalan semut2, jidat saya sampe bonyok di krikiti semut. Aaah, perawatnya ini bagaimana gak ngecek box, apalagi ngecek bayinya -_-
 
Alasan selanjutnya, saya adalah anak pertama jadi saya tau riwayat kehamilan ibu saya selama ini. Yang pertama saya terlahir prematur, yang kedua ibu saya keguguran (jaman kecil penasaran dong apa sih keguguran itu??), yang ketiga adik perempuan saya meninggal usia 12 hari; diagnosa dokter kadar Bilirubin darahnya tidak normal dan mengalami IUGR (Intra Uterine Growth Retardation : terhambatnya pertumbuhan janin didalam rahim). Tambah penasaran nih dengan IUGR tadi, kalau seinget ibu saya beliau meyakini bahwa ketika hamil muda, ibu saya mengkonsumsi obat sakit gigi berdosis tinggi tanpa resep dokter. Memang, beberapa obat 'haram' dikonsumsi oleh ibu hamil.
 
Naaah, dari sini lah saya tertarik dengan 'dunia' ini :-). Pertanyaan yang selalu membuat saya selalu deg deg an ... "Apakah efek yang timbul pada seseorang yang terlahir prematur ketika dia tumbuh dewasa???".
Berharap jawabannya baik-baik saja :-D

Sekarang saya sudah terjun di bidang ini, dan ada beberapa pengalaman yang saya alami. Maka dari itu saya ingin berbagi :-) 
 
 
Di Tulis Oleh :
Fadila B. Rizki, Amd. Keb
Madiun, 19 September 1991
Alumni STIKES AISYAH Surakarta
blog : belovedila.blogspot.com
 

Categories: Share

Leave a Reply